Amal Bunda

Fakta Unik, Buah Semangka Jadi Simbol Dukung Saudara Kita di Palestina, Begini Ceritanya

Bagikan :

AMAL BUNDA – Sobat Bunda Belakangan ini gambar-gambar dan emoji semangka ramai memenuhi postingan dan kolom komentar di media sosial, berikut fakta-fakta tentang semangka sebagai bentuk dukungan untuk Palestina.

Emoji Semangka yang dipasang oleh netizen, tak lain adalah sebagai bentuk dukungan kepada Palestina yang kini tengah dijajah oleh Israel.

Semangka disebut The Fruit of Palestine sebagai simbol perlawanan terhadap Israel. Tak hanya berupa emoji, namun banyak juga karya seni bergambar semangka di antaranya gambar animasi seorang gadis cilik memegang semangka, lalu stiker hingga foto semangka sesungguhnya bertebaran di media sosial akhir-akhir ini.

Ini Dia Fakta-fakta Semangka Jadi Simbol Perlawanan di Palestina

1. Semangka Tumbuh di Wilayah Palestina

Semangka dipilih karena buah ini tumbuh di seluruh tanah Palestina dari Jenin hingga Gaza.

2. Warna Semangka sama dengan Warna Bendera Palestina

Selain buahnya tumbuh di Palestina, warna dari semangka yaitu merah, hijau, putih dan hitam selaras dengan warna bendera negeri tersebut.
Semangka sering digunakan karena Israel kerap kali melarang Palestina untuk mengibarkan bendera negara mereka sendiri.

3. Emoji Semangka Digunakan di Sosial Media untuk Menghindari Shadow Banned

Beberapa sosial media cenderung sensitif jika bicara tentang penjajahan sebuah negara. Agar pendukung Palestina tetap dapat menyebarkan informasi tentang penjajahan yang terjadi di negara tersebut, emoji semangka sering digunakan untuk menyebutkan Palestina atau pengganti gambar bendera Palestina agar akun terhindar dari shadow banned.

Fakta Unik Buah Semangka Jadi Simbol Dukung Saudara Kita di Palestina Begini Ceritanya

Sejarah Semangka Sebagai Simbol Palestina

Ternyata simbol ini telah muncul sejak tahun 1967 lalu selama Perang Enam hari antara Isarel dengan koalisi Arab terdiri dari Suriah, Mesir dan Yordania. Berawal dari Israel melarang pengibaran bendera Palestina di perbatasannya untuk membatasi nasionalisme Palestina dan Arab.

Larangan itu berlangsung hingga tahun 1993 hingga munculnya Perjanjian Oslo antara Israel dan Otoritas Palestina, yang melonggarkan pembatasan terhadap warga Palestina di Israel. Setelah Perang Enam Hari hingga Perjanjian Oslo, semangka menjadi simbol protes masyarakat Palestina, dikutip dari Bon Appetit.

Irisan semangka dengan buahnya yang berwarna merah cerah, kulitnya yang berwarna hijau-putih, dan bintik-bintik bijinya yang berwarna hitam, mengandung semua warna bendera Palestina.

Buah ini juga tersedia untuk digunakan dalam demonstrasi menentang pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza, di mana para pengunjuk rasa membawa irisan semangka sebagai pengganti bendera.

Seniman Sliman Mansour menceritakan dalam wawancara dengan The National pada tahun 2021, ketika pameran yang menampilkan karyanya pada tahun 1980 ditutup karena beberapa bagian menggambarkan bendera Palestina.

“Mereka mengatakan kepada kami bahwa mengecat bendera Palestina itu dilarang, tapi warnanya juga dilarang. Maka Issam berkata, ‘Bagaimana jika saya membuat bunga berwarna merah, hijau, hitam, dan putih?’, dan petugas itu menjawab dengan marah, ‘Akan disita. Bahkan jika Anda mengecat semangka, itu akan disita,’” kata Mansour kepada The National.

Saat ini, Israel tidak lagi melarang bendera Palestina berdasarkan hukum.

Meski begitu, para pemimpin terkemuka Israel telah menyatakan penolakannya terhadap pengibaran bendera tersebut dalam suasana protes.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyebut kehadiran bendera pada protes sebagai “hasutan”.

Pada tahun 2023, Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir, memberi wewenang kepada polisi dan Pasukan Pertahanan Israel untuk menghapus gambar semangka jika dianggap ada ancaman terhadap ketertiban umum, dikutip dari Al Jazeera.

Ia juga mengatakan, menerbangkan pesawat Palestina dengan benderanya adalah tanda dukungan terhadap barbarisme.

Jadi, meski bendera Palestina diperbolehkan secara hukum, terkadang orang-orang yang membicarakan Palestina sering menggunakan simbol semangka untuk menghindari sensor atau diberi label yang salah.

Mari kita bantu saudara – saudara kita di palestina dengan mempublikasikan solidaritas kita, atau bisa melalui dukungan dengan berdonasi ke

No. Rek Bank Syariah Indonesia : 716.663.3375 a.n LKS Yayasan Rintisan Amal Bunda atau kunjungi laman donasi BantuPalestina 

Source : tribunnews.com

2 thoughts on “Fakta Unik, Buah Semangka Jadi Simbol Dukung Saudara Kita di Palestina, Begini Ceritanya”

Leave a Comment